Dunia visual semakin lekat di generasi milenial 4.0 ini. Semua serba video, foto, visual, dan hampir semua orang yang memiliki ponsel yang ada kameranya bisa membuat video dan foto, bahkan anak dibawah umur pun bisa. Tapi standar video seperti apakah yang bisa dikatakan profesional dan memiliki nilai jual (nilai jual disini, terlepas dari konten viral). Nilai jual atau lebih tepatnya sesuai standar pasar, dengan kriteria pembuatan video yang memiliki alur, konsep, dan teknik.

Pada tanggal 19,20,21 April 2019 lalu, kami Ara Creative melakukan program pelatihan pembuatan video profile daerah kabupaten Sumbawa Barat, yang dilaksakan di hotel Merapi Merbabu Yogyakarta. Pelatihan ini merupakan layanan baru dari Ara Creative, karena adanya permintaan konsumen.

Pada pukul 6 pagi dihari Jumat, 4 orang dari Humas Protokol Sumbawa Barat, datang langsung ke jogja. Yang kemudian langsung mengikuti pelatihan sesi pertama yang membahas bagaimana dan pentingnya pra-produksi, pengenalan peralatan produksi, sekaligus praktek produksi. Dilanjutkan dihari kedua yang membahas mengenai pasca-produksi, seperti editing, coloring, backsound, olah rekam suara (narasi, sambutan, pidato).

Acara kami set-up dengan sesantai mungkin, agar pelatihan ini berjalan dengan santai bukan dalam tekanan. Di pagi hari sebelum pelatihan dan sore hari setelah pelatihan adalah waktu bebas untuk mereka, fasilitas tetap diberikan secara full, fleksibel bila ingin menggunakan fasilitas atau ingin secara pribadi free time.

Dan dihari terkahir, khusus untuk pelatihan penerbangan Drone dilakukan di Bunker Kaliadem lereng merapi radius 4 km. Tentu kami paham, akan penat bila 3 hari full didalam ruangan membahas teori semata, karna ruang praktek kamera terbatas, apalagi drone. Itulah mengapa kami membawa peserta ke wisata Lavatour, supaya dapat pelatihan sambil refreshing menikmati pemandangan alam.

Share: