Magelang – Generasi muda dihadapkan pada tantangan yang cukup berat, terutma dalam aspek kemajuan teknologi informasi dimana mereka dapat mengakses segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif. Karenanya melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, diharapkan mampu membawa pelajar mengasah pengendalian diri agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif seperti narkotika, pornografi dan radikalisasi.

 

mtq_9-copy

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat membukan MTQ Pelajar ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Drh Soepardi Kabupaten Magelang, Selasa (13/12) malam. Menurutnya, dengan pengendalian diri yang baik, para generasi muda calon pemimpin bangsa dan republik ini akan terbebas dari hal-hal yang merusak dan merontokan moral bangsa.

“Melihat temannya seperti itu (hal negatif) bukan ikut tapi ngelekke dan ini perlu keberanian. Ini perlu keyakinan. Ini perlu kita ajarkan agar kemudian anak-anak kita bisa menjadi anak-anak yang luar biasa,” kata gubernur.

Ganjar menjelaskan MTQ tidak hanya sebuah kompetisi. Namun bagian dari mengasah kecerdasan spiritual generasi muda agar nantinya menjadi orang-orang yang arif, yang bikaksana, dan memiliki budi pekerti. Sehingga mereka akan dapat mengajarkan kepada semua orang nilai sebenarnya dari Islam yang rahmatan lil alamin serta menjunjung tinggi toleransi di negara Indonesia yang berbhineka tunggal ika.

Politisi dari PDIP ini berharap penyelenggaraan MTQ yang berlangsung mulai 23-16 Desember 2016 ini bisa berjalan dengan lancar dan meminta kepada para hakim untuk juga mengajarkan kepada pelajar nilai-nilai kejujuran, transparansi dan akuntabel yang bisa dipertanggungjawabkan dengan menilai kemampuan mereka seobyektif mungkin.

“Saya nderek titip kepada para hakim agar bisa menilai anak-anak kita dengan sebaik-baiknya, seobyektif mungkin. Dan itulah yang akan memberikan kepercayaan kepada kita semuanya bahwa proses ini berjalan dengan baik dan dari hal kecil kita sudah berlatih transparan aukntabel bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Pada MTQ ini, ratusan peserta akan berkompetisi di beberapa kategori lomba yakni, tartil Alquran, tilawah Alquran, dan tahfidz Alquran. Mereka akan memperebutkan piala gubernur sekaligus menjadi ajang seleksi wakil MTQ Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional. (Biro Humas Setda Prov Jateng) sumber

Share: