Gedung induk Siti Walidah adalah gedung baru milik Universitas Muhammdiyah Surakarta yang saat ini masih dalam tahap finishing. Nama gedung ini sendiri mengambil nama dari istri K.H Ahmad Dahlan sebagai pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Gedung yang terletak di Jalan Ahmad Yani , kawasan Pabelan ini berdiri diatas lahan seluas 1,15 Ha

Bentuk gedung ini unik , terhitung untuk saat ini Gedung Induk Siti Walidah UMS adalah gedung kampus ( gedung milik universitas ) satu satunya di Solo yang unik dan berani beda. Nyeleneh sendiri lah , yang umumnya bermain pada bentuk kotak – kotak ( kubus / balok ). Satu nilai plus buat gedung ini termasuk tim yang membuat gedung ini karena nantinya yang namanya unik pasti jadi icon . Tentunya icon untuk kampus ( UMS ) sendiri dan juga di kawasan tersebut. Terlebih di Solo , karena belum ada Kampus lain yang bikin. Terkecuali di Jakarta dan sekitar nya , banyak universitas yang bikin gedung kampus yang bentuknya nyeleneh / unik. Misalnya Gedung Perpustakaan UI , Gedung milik Binus dan mungkin masih banyak gedung lainnya yang saya belum tau.

Oke kenapa bentuknya seperti ini . Desain gedung ini terinspirasi dari logo Persyarikatan Muhammadiyah yang berbentuk matahari bersinar, matahari sebagai titik pusat tata surya dan sumber kekuatan makhluk hidup. Untuk kalimat syahadat yang terdapat logo tersebut diwujudkan dalam dua massa bangunan yang dihubungkan dengan inti bangunan yang terletak di antara kedua masa bangunan tersebut. Dimana inti bangunan tersebut adalah sebagai simbol inti pergerakan Muhammadiyah yang dilandasi keyakinan akan ke-esaan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rosul. Pancaran sinar matahari kesegala arah diwujudkan dalam pola landscape gedung ini yang melambangkan hubungan kepada sesama manusia, simbol tekad dan semangat kerja keras tanpa lelah untuk bagi pencerahaan dan kesejahteraan. Bentuk gedung yang membesar keatas adalah sebagai simbol pertumbuhan dan perkembangan dan juga simbol menaungi dan mengayomi.

Gedung ini didesain dengan menggunakan prinsip – prinsip Islamic dan Green Design dimana dengan mengupayakan penghematan energi , menggunakan sinar matahari sebagai pencahayaan alami wujud pemanfaatan karunia Allah SWT. Dan juga pemanfaatan angin sebagai penghawaan alami pada sebagaian ruangan dalam gedung ini.

DCIM100MEDIADJI_0006.JPG

Share: